Jumat, 09 April 2021

Generasi Sandwich

 hi Dian.......

temi

sebagai seorang karyawati staff biasa aja_______

hehe, kali ini aku mau berbagi lagi tentang generasi sandwich. kalian pasti tau kan ya apa itu generasi sandwich. kalo yang terjadi pada aku sebenernya ga sandwich2 amat ya karena sebenernya aku ga membiayai orangtuaku (sudah ga ada soalnya) tp aku membiayai warisan mereka berupa adek2 lucu imut yg kelakuannya nggemesin. gimana sih caranya membagi antara biaya hidup utk diri sendiri, utk adik2, dan untuk investasi? soalnya ya belajar dr orangtuaku, mereka ga ada tabungan sama sekali. kerjaan mereka tidak tetap dan malahan mereka itu minus alias utang. jadi ini membuat semacam pecut buat aku yaa.. aku ga mau kayak mereka. semuanya harus terencana dan tentu saja harus disiplin binti strict. setiap bulan aku selalu buat daftar apa aja sesuai pos2 kebutuhan. bahkan investasi ada di urutan kedua setelah pengeluaran rutin. utk makan sebulan pun (apalagi aku carnivore, perlu rada biaya tambahan) kalo ga direncanakan bs aja jebol di minggu kedua. pernah aku bagi budget makan aku sekian utk seminggu, ternyata over :)))) jd ambil uang cadangan deh.. nah, kali ini aku saranin budget makan utk setiap 10 hari. ahh pasti bisa, aku aja bisa.. jd ga ngrasain deh tanggal tua, tapi jg ga ngrasain tanggal muda.. 

investasinya apa aja? walaupun ga banyak aku udah mulai investasi di saham, utk biaya sekolah adek2 aku kasih di reksadana pendapatan tetap, mulai bulan ini coba untuk nabung emas di brankas emas (ini buat pensiun pengen punya kos2an di Jogja) trus pengen belajar trading saham. doain yaa.. aku ga pinter kok gaes.. cuma pengen sharing mana tau kalian butuh.. mana tau yekannn.. jadi dikasih tanggung jawab lebih ga perlu sediiih. itu artinya dikasih kesempatan menghargai hidup dan lebih bersyukur. betul?

Tidak ada komentar: