Rabu, 14 Agustus 2013

ketika prinsip tumbang sejenak gara-gara hal kecil

Ada sebuah cerita nyata alias true story. Benar-benar true. Alkisah ada seorang anak perempuan, namanya Maya. Iya, bener. Maya itu aku. hehe. Maya sangat menyesal atas perbuatannya yang dilakukan di suatu pagi. Maya disuruh eyang mengambil kalung di pegadaian. Itu kalung keramat punyanya mak lampir. Eyang takut banget sama mak lampir itu. Mak lampir itu padahal adalah anaknya sendiri. Saat itu Maya berperan sebagai Grandong. Iya, benar. Berarti aku adalah Grandong pada hari itu. 

Layang pegadaian itu tertera adalah nama Om sebagai nasabah. Gara-gara Om ada di Jakarta, aku jadi yang seolah-olah menjadi nasabah dan pemegang layang gadai itu. Kalau mau mbungani aja, ga perlu tuh pake tanda tangan nasabah asli, tapi kalau ngambil barang harus pake tanda tangan asli nasabah di layang gadai itu. 

Om.. Ya, mosok aku kudu njaluk tanda tangan Om tekan Jakarta? Ehh salah.. Aku diganti Maya. *ralat*

MAYA MEMALSUKAN TANDA TANGAN

Bukan aben-nya Maya begini. Maya ga pernah bohong !! Tapi kenapa harus memalsukan tanda tangan, padahal sih ga pa-pa malsukan tanda tangan, orang itu juga kalung punyanya mak lampir yang notabene anak eyang. 

urutan 16
angka sial hari ini. Maya menyerahkan fotokopi KTP Om dan layang gadai itu. Mas-mas CS terlihat lama banget membandingkan tanda tangan. Dan lalu kemudian..

-Mas CS : "Mbak, tanda tangannya palsu ya?"
-Maya : "Iya, tapi kan itu punya Om, Om lagi di Jakarta, Tapi Om udah setuju kok kalungnya diambil.."
-Mas CS : "Tapi ga boleh gini mbak, mbak bikin surat kuasa aja( bla bla bla bla bla).."
-Maya : (doi cuma ngomong ya ya ya sambil ngempet nangis gegara malu)

keluarlah maya dari ruangan itu. Maya, yang biasanya terbiasa engga bohong melakukan kesalahan fatal gara-gara hal kecil. 

Maya, kenapa kamu? Kenapa harus bohong? padahal kamu kemarin ngetweet tentang orang lain yang bohong sama eyang, kenapa sekarang kamu yang bohong?

Maya sadar. Bohong itu tidak boleh. Walaupun dalam hal kecil sekalipun seperti hari ini. Tuhan menegurmu dengan rasa malumu, May. 

Teman-teman..
Jangan bohong yaa.. Tapi kalau kalian pinter bohong dan ga pernah ketauan ya pasti suatu saat akan ketauan. 

Tidak ada komentar: