Rabu, 07 Agustus 2013

lebaran edisi 1

Non-muslim bukan berarti tidak mengikuti trend kuliner yang terjadi saat lebaran. Lebaran merupakan hari yang istimewa menurutku dalam hal masak-memasaknya. Tahun ini aku lebaran (maksudnya pas hari lebarannya) ada di rumah eyang aja, soalnya ibukku dan ketiga adikku ke Solo tempat budhe, alias kakak pertama ibukku, sedangkan aku tidak diperbolehkan pergi jauh alias keluar kota soalnya beberapa hari yang lalu aku kayaknya terkena kolesterol atau darah tinggi setelah memakan telur puyuh. Itu sungguh menyiksa. Kepalaku pusing, pundak berat dan pegal, trus lemes. Pengennya tidur terus deh pokoknya. Apalagi pas itu aku udah ada janji untuk memoderatori seminar temen dan jadi moderator dadakan juga alias moderator insidental untuk kedua temanku yang lain. But, so far so good lah. hehe

sehari sebelumnya secara khusus aku dan tanteku ke pasar Sentul. Kita beli ketupat tanpa isi dan antek-anteknya. duh tu tanteku, belanja banyak tapi ribut aja kalo abisnya uang juga banyak, hahaha.. tante rempong. hari ini aku bangun kesiangan lagi, engga parah sih, tapi kan aku jadi ga bisa ke Rumah Tuhan untuk ke sekian kalinya.. :(  tapi aku bisa pit-pit an sampe berkali-kali.. seelum masak buat beli kelapa di pasar, masak lepet/lupis, dan karena aku disuruh beli buah aku ke superindo tapi naik pit sama beli bahan-bahan buat bikin roti besok, trus pulang lagi

beginilah penampakan mereka:

 ketupat mentah

 bahan-bahan untuk opor dan sambal goreng

 sempet bingung caranya ngelipet2 ni daun, rempong tapi asik... ini aku dan tanteku bikin lepet, tapi aku lebih suka menyebutnya lupis

 lupis mentah

 lupis mentah maning

 lupis mentah maning-maning

 aku pengen banget bikin koktail, soalnya kalo beli tu ga dapet buah yang banyak, padahal aku suka ampas koktail.. dan latian bikin koktail dgn diajarin eyang

 ngrebus ketupat dan lupis pake anglo, soalnya takut meledak kalo pake gas elpiji.. membutuhkan waktu 4 jam untuk kematangan mereka

 penampakan dari dalam manci

penampakan ketupat beras merah, warnanya ga beda jauh sama beras putih, tapi kandungannya bagusan beras merah :)

untuk opor dan sambel goreng engga sempet aku foto, hehe.. tapi masih nih.. heheehhe.. selamat merayakan idul fitri bagi teman-teman yang merayakannya, semoga kita selalu menjadi berkat bagi sesama dan saling menghormati satu sama lain.. tunggiu postingan lebaran edisi 2, aku mau bikin makanan lagi dalam bentuk lain.. ciuuu

Tidak ada komentar: